Jumat, 07 Oktober 2011

Info – Tour De Singkarak 2011

Sebanyak 234 pembalap sepeda dari luar dan dalam negeri bakal adu cepat di Tour de Singkarak (TdS) 2011, pada 6-12 Juni mendatang. Pemerintah Sumatra Barat bekerja sama PB ISSI serta Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata siap menggelar kembali Tour de Singkarak, lomba balap sepeda berskala international.
Tour de Singkarak yang memasuki tahun ketiga ini akan akan diikuti 234 pembalap dari 10 tim dalam negeri dan 15 tim luar negeri. Kompetisi tahun ini nantinya akan melombakan tujuh etape, dan melintasi berbagai keindahan alam dan budaya di 12 kabupaten kota di Sumbar dengan total jarak 739,3 kilometer.

Acara internasional tahunan yang sudah digelar ketiga kalinya itu telah masuk dalam agenda perhelatan tahunan Union Cycliste International. Dan ajang lomba bersepeda ini juga merupakan promosi destinasi pariwisata Indonesia di dunia international.
Penyelenggaraan Tour de Singkarak 2011 adalah bukti bahwa citra pariwisata Indonesia dan Sumbar khususnya demikian baik diterima oleh dunia internasional. Acara yang sudah menjadi agenda tahunan UCI (Union Cycliste Internationale) ini bukan hanya diramaikan oleh tim pembalap internasional, namun juga wisatawan mancanegara (wisman) yang ingin ikut menyaksikan lomba dan menikmati keindahan kekayaan alam dan budaya Minangkabau.
” Tahun ini pesertanya semakin banyak, hal ini menandakan tingkat kepercayaan terhadap pariwisata Indonesia semakin tinggi di dunia internasional. Ajang balap sepeda bertaraf internasional, Tour De Singkarak ini diharapkan dapat menjadi moment kebangkitan pariwisata Sumatera Barat yang sebelumnya terpuruk akibat bencana alam Gempa dan isu tsunami. Masyarakat sumbar berharap dengan kegiatan tersebut Sumatera Barat semakin dikenal di dunia internasional, apalagi didukung dengan liputan dari berbagai media mancanegara. ”Tour de Singkarak 2011 akan menempuh 7 etape lomba keseluruhannya berjarak 739,3 km melewati 12 kabupaten/kota di Sumbar.
Lomba kali ini selain etapenya lebih panjang, total hadiah yang diperebutkan juga lebih besar Rp 750 juta. Untuk mensukseskan penyelenggaraan sport tourism internasional ini, Kemenbudpar mengundang Amaury Sport Organizations (ASO) penyelenggara Tour de France, sebagai lomba balap sepeda internasional terbesar dunia, untuk memberikan masukan terhadap penyelenggaraan Tour de Singkarak.
Para pembalap akan berlomba dalam 7 etape yakni Padang (etape 1), Padang-Sicincin-Pariaman (etape 2), Pariaman-Bukittinggi (etape 3), Bukittinggi-Lembah Harau (etape 4), Payakumbuh-Sawahlunto (etape 5), Sawahlunto-Istana Basa Pagaruyung (etape 6A), Istana Basa Pagaruyung-Padang Panjang (etape 6B), Padang Panjang-Danau Kembar (etape 7A), dan Danau Kembar-Danau Singkarak (etape 7B).
234 pembalap sepeda dari 15 tim (negara) berasal dari Jepang (Aisan Racing Team), RRC (Holy Brother Cycling Team), Iran (Azad University dan Tabritz Petrochemical Cycling Team), Filipina (Eleven), Australia (Plan B Racing Team dan Eddy Hollands Bicycle Services) ), Malaysia (Trengganu Pro Asia Cycling Team dan Le Tua), Belanda (Global Cycling Team), Taipei (Giant Kenda Cycling Team, Team Fuji, dan Action Cycling Team), dan CCN Colossi terdiri beberapa negara di antaranya Selandia Baru, Irlandia, Rusia, Kirgistan, Spayol, dan Inggris. Sementara Indonesia menurunkan 11 tim nasional antara lain Araya Indonesia (Sidoarjo), Custom Cycling Club (Jakarta), Polygon Sweet Nice (Surabaya), Putra Perjuangan (Bandung), United Bike Kencana Team (Malang), Tirta Cycling Team (Solo) Binong Baru Passel (Cirebon), DKI Jakarta, Peng-ISSI Prov. Sumbar, Prima Utama dan Prima Muda (Pelatnas Sea Games). [H-15].

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

 
Copyright © 2011. Andy Sutan Mudo . All Rights Reserved
Home | Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Site map
Design by Herdiansyah . Published by Borneo Templates